Pengertian Akuntansi

Sebelum kita menginjak dan mempelajari Siklus Akuntansi kita perlu mengetahui apa itu Akuntansi. American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai proses identifikasi, pengukuran, dan komunikasi inforasi eknomi untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan-pertimbangan dan keputusan-keputusan oleh para pemakai informasi tersebut.
Tujuan Proses Akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan baik bagi pemimpin perusahaan (manajemen) maupun pihak ekstern.
Sasaran akuntansi keuangan yaitu transaksi yang sudah terjadi dalam perusahaan, sehingga sistem akuntansi yang diterapkan dalam suatu perusahaan bergantung kepada jenis kegiatan yang biasa dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Dipandang dari sudut kegiatan usahanya, perusahaan secara garis besar dapat di golongkan menjadi 3 yaitu :


1. Perusahaan Jasa
      Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang kegiatan pokok usahanya menyediakan dan menjual jasa. Dalam hubungan dengan usaha pokok, perusahaan jasa hanya menyediakan sarana berupa peralatan dan perlengkapan untuk melayani pihak lain yang memerlukan dan tidak memiliki sidiaan barang dagangan (inventory). Contohnya seperti : salon kecantikan, bengkel kendaraan, konsultan, cleaning service, perusahaan titipan kilat, kendaraan angkutan, service radio dan masih banyak lagi.

2. Perusahaan Dagang
      Perusahan Dagang adalah per4usahaan yang kegiatan pokok usahanya  membeli barang, menyimpan sementaraq, kemudian menjual kembali barang yang dibelinya tanpa melakukan perubahan atas sifat atau keadaan barang yang bersangkutan. Contohnya : supermarket, toko serba ada, apotek, toko buku, toko sepatu dan toko-toko lainnya

3. Perusahaan Industri Manufactur (Perusahaan Pabrik)
       Perusahaan pabrik (manufactur) adalah perusahaan yang kegiatan pokok usahanya membeli bahan baku, mengolah bahan baku, hingga menjadiproduk yang siap untuk di jual, kemudian menjual produk hasil  produksinya. Contohnya : pabrik sepatu, perusahaan mebel, pabrik semen, pabrik peminatalan benang, pabrik kain batik, pabrik garmen, perusahaan percetakan, dan perusahaan manufactur lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Petualangan Seumur Hidup © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score